obat alami flu dan batuk

6 Bahan Alami untuk Mengobati Flu dan Batuk

 

Kombinasi rasa nyeri di tubuh, demam, kedinginan, dan hidung tersumbat, cukup untuk membuat seseorang merasa ‘sengsara’. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan flu. Berikut enam di antaranya:

1.Sup ayam

 


Sup ayam mungkin tidak langsung menyembuhkan flu, namun ini bisa menjadi pilihan yang baik ketika sakit. Sebuah penelitian menyatakan, menikmati semangkup sup ayam dengan sayur-sayuran, bisa menghambat pergerakan neutrofil dalam tubuh. Neutrofil sendiri merupakan jenis sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Saat neutrofil bergerak lebih lambat, mereka berkonsentrasi pada bagian tubuh yang paling membutuhkan penyembuhan.
Studi tersebut juga menemukan fakta bahwa sup ayam efektif untuk mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas. Sup bersodium rendah mengandung nilai gizi yang besar dan membantu Anda tetap terhidrasi.

2.Jahe





Manfaat kesehatan dari jahe telah terbukti sejak beberapa abad lalu. Namun, saat ini kita memiliki bukti ilmiahnya. Irisan jahe yang direbus dengan air panas bisa membantu meredakan batuk dan sakit tenggorok. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa jahe bisa menangkal rasa mual yang muncul ketika flu.

3.Madu




Madu memiliki berbagai khasiat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dengan teh dan lemon bisa meringankan sakit tenggorok. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa madu efektif untuk menangkal batuk.
Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan fakta bahwa memberikan 10 gram madu pada anak sebelum tidur, membantu mengurangi keparahan gejala batuknya. Anak-anak tidur lebih nyenyak dan tidak merasa kedinginan.
Meskipun begitu, jangan penah memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun. Sebab, madu sering mengandung spora botulinum. Ini tidak berbahaya pada anak-anak dan orang dewasa, namun berbahaya bagi bayi karena sistem kekebalan tubuh mereka belum mampu melawan spora tersebut.

4.Bawang putih






Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba. Menambahkan bawang putih pada menu makanan bisa mengurangi gejala flu. Berdasarkan studi, bawang putih bahkan bisa mencegah kita terserang penyakit.

5.Vitamin C
Vitamin C memainkan peran penting dalam tubuh dan memiliki banyak manfaat. Limau, jeruk, sayuran hijau, dan lemon, merupakan sumber vitamin C yang baik. Menambahkan jus lemon dengan madu mungkin bisa mengurangi dahak ketika sakit. Mendapatkan vitamin C yang cukup dapat meringankan infeksi saluran pernafasan bagian atas dan penyakit lainnya.

6.Air garam
Berkumur-kumur dengan air garam membantu mencegah infeksi saluran pernapasan. Itu juga bisa menurunkan gejala flu. Sebagai contoh, air garam mampu meredakan sakit tenggorok dan hidung tersumbat.
Kumur dengan air garam juga mengurangi ingus, yang mengandung bakteri dan penyebab alergi. Untuk mencoba pengobatan alami di rumah ini, larutkan satu sendok the garam ke dalam gelas berisi air, Kumur-kumu sebentar, lalu semburkan air garam.
Itulah enam bahan alami untuk mengobati flu. Namun, jika Anda masih sakit setelah beberapa minggu, buat janji dengan dokter. Apabila memiliki masalah pernapasan, jantung berdegup terlalu kencang, pingsan, atau beberapa gejala parah lainnya, minta bantuan medis secepatnya.

 

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dan Gejala Serta Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Ampuh

Gejala,Penyebab, Dan Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus