obat alami mengobati diare

7 Obat Alami untuk Menyembuhkan Diare

 

Diare memang membuat kewalahan, terutama jika aktivitas sedang padat. Namun ada berbagau pengobatan rumahan yang bisa membantu mengatasi diare  sekaligus menghindari masalah lainnya yang sering mengikuti, seperti dehidrasi. Dikutip dari Mayo Clinic dan WebMD, ada beberapa pengobatan rumahan sederhana dan efektif untuk mengatasi diare yang di alami.

1.Minum banyak cairan bening 

Minum banyak cairan bening seperti air putih, air kaldu, dan jus, setiap hari, dan hindari dulu minum alkohol dan kafein. Namun meski harus banyak minum cairan bening, sebaiknya ini di lakukan secara bertahap. Minum setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam, atau lebih lama lagi jika memiliki diare dengan jumlah besar.Jika memiliki penyakit ginjal, jantung, atau hati dan harus membatasi cairan, bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda meningkatkan jumlah cairan yang di minum.

2. Coba makan makanan semipadat dan rendah serat secara bertahap 

Seiring pergerakan usus yang kembali normal, sebaiknya memakan makanan semipadat dan rendah serat seperti roti bakar, telur, nasi, atau ayam. Namun, menambah porsi dan asupannya sebaiknya dilakukan secara bertahap dan perlahan-lahan.

3.Hindari makanan tertentu 

Karena usus belum bisa mengolah makanan yang mungkin biasa di makan, sebaiknya hindari beberapa produk makanan seperti produk susu olahan, makanan berlemak, makanan berserat tinggi, atau makanan dengan banyak bumbu selama beberapa hari.Sebaiknya,hindari juga makanan yang kayak akan bahan-bahan kasar, yang bisa sulit untuk dicerna. Makanan-makanan ini termasuk kacang-kacangan, kubis, atau kubis bertunas.Jika sudah mulai membaik,maka bisa memakan makanan yang mudah di cerna dulu.
Namun, tetap ada beberapa makanan yang harus di hindari, seperti:Makanan pedas, buah-buahan tertentu, alkohol, dan kafein sampai 48 jam setelah semua gejala diare sudah menghilang,Bila memakan permen karet, hindari yang mengandung sorbitol,Hindari susu selama 3 hari setelah gejala diare hilang. Namun,bisa memakan keju atau yogurt yang mengandung probiotik.

4. Pilih makanan yang mengandung probiotik

probiotik mengandung sekumpulan bakteri hidup yang mirip dengan bakteri sehat yang umumnya ditemukan di dalam sistem pencernaan tubuh.Probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat yang ada untuk melawan kuman dalam saluran pencernaan.Suplemen probiotik juga ada dan
bisa memilihnya. Bakteri bermanfaat ini juga bisa ditemukan dalam yoghurt dan keju.

5. Makan bubur wortel

 Wortel merupakan sumber pektin,membuat bubur atau sup wortel dengan memasaknya sampai halus, lalu memblendernya dengan tambahan sedikit air dan menuangkannya di mangkuk, seperti makanan bayi.Bisa makan ¼ – ½ mangkuk setiap jamnya.

6. Minum teh hitam manis

minum teh hitam manis dengan gula. Air panas bisa membantu rehidrasi dan teh mengandung astringen tanin yang membantu mengurangi peradangan usus.

7. Makan Blackberry

memakan blackberry kaya tanin yang sudah lama menjadi pengobatan rumahan yang cukup umum.Blackberry tersebut bisa di
jadikan teh, dengan merebus 1-2 sendok makan blackberry atau daun blackberry kering dalam 1 ½ gelas air selama 10 menit, lalu seduh.Minum beberapa gelas beberapa kali sehari. Teh raspberry juga bisa jadi pilihan, karena ia juga efektif meredakan diare.



 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dan Gejala Serta Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Ampuh

Gejala,Penyebab, Dan Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus