obat sesak napas alami

Cara Mengatasi Sesak Nafas Alami Pasti Sembuh





Sesak napas (Dyspnea) merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi pernapasan karena adanya penyumbatan pada saluran pernapasan atau akibat melemahnya paru-paru karena suatu penyakit. Bagi yang menderita sesak napas akan merasa tercekik, kejang di dada, atau seperti ada yang menghambat saluran pernapasan.
Jenis sesak napas dibagi menjadi:
  •  Sesak napas akut
Sesak napas akut bisa disebabkan karena penyakit pernapasan (paru-paru), trauma pada dada, atau penyakit jantung.
  •  Sesak napas kronis
Sesak nafas yang sudah kronis biasanya terjadi karena asma, tumor, inflamasi paru-paru, emfisema, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), atau karena menderita kelainan pada pita suara.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Mendadak

1. Faktor keturunan atau genetik
2. Faktor lingkungan
3. Lendir yang menyumbat saluran pernapasan
4. Kekurangan cairan
5. Otot yang tegang di bagian punggung atas
6. Emosi yang tidak stabil

 Beberapa latihan berikut ini untuk melatih pernapasan agar lebih lancar:
  •   Latihan pernapasan perut
  •   Bernapas dengan mulut
  •   Pergi ke tempat yang dipenuhi pepohonan
  •   Mengendalikan emosi
  •   Mengonsumsi makanan yang melebarkan saluran pernapasan
  •   Olahraga yang banyak melatih gerak punggung dan dada
  Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

1.Jahe
   
Cara mengatasi sesak nafas yang pertama yaitu dengan menggunakan jahe. Bahan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain jahe dan air panas.
Caranya yaitu ambil 3 buah jahe yang telah dikupas dan dibakar, lalu dimemarkan dengan segelas air panas. Sobat bisa menambahkannya dengan gula batu dan minumlah selagi hangat tiap pagi dan sore hari.

2. Jeruk nipis
     Sediakan perasan 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah yang telah dihaluskan, 1 butir telur ayam kampung, 1 potong gula batu, 1 sendok teh kopi bubur, campurkan semua bahan tersebut dengan segelas air panas. Kemudian saring dan minumlah tiap hari sehabis sarapan.

3. Daun kemangi
    Sediakan daun kemangi secukupnya. Lalu remas-remas sampai layu dan campurkan dengan 1 sdm minyak tanah. Remas-remas lagi hingga keduanya tercampur rata. Oleskan ramuan kemangi ini pada dada, punggung, dan leher untuk mengobati sesak napas.

4.Nebulizer sederhana
   Siapkan mangkok yang berisi air panas. Berikan minyak kayu putih atau minyak telon, hirup uap yang keluar dari air panas. Gunakan handuk untuk menutup kepala agar uap tidak terbang kemana mana.

5.Segera datang kepetugas kesehatan
   Jika sesak nafas semakin parah dan tidak kunjung sembuh, segera datang ke rumah sakit. Di rumah sakit nanti sobat akan segera di beri tindakan nebulizaer oleh dokter dengan menggunakan alat nebul.
Nah demikian tadi tentang berbagai cara mengatasi sesak nafas yang datangnya sering mendadak ataupun sudah lama. Semoga tips diatas bermanfaat.

    

Comments

Popular posts from this blog

Obat Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat

Obat Tradisional Malaria Mujarab

Obat Asam Urat Alami