Obat Tradisional Bronkitis Alami

7 Cara Alami Mengobati Bronkitis yang Bisa Dilakukan di Rumah 

 

 

Banyak jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan, salah satunya adalah bronkitis. Bronkitis adalah radang pada lapisan saluran bronkial karena infeksi. Pengidap bronkitis sering mengalami batuk lendir yang menebal hingga dada terasa nyeri saat batuk. Nah, berbicara tentang pengobatan, pengobatan bronkitis bisa dilakukan secara sederhana di rumah. Mau tahu apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Beberapa obat bronkitis alami yang bisa dilakukan sendiri

1. Istirahat yang cukup
Para ahli mengatakan, obat dari segala penyakit yang paling mendasar adalah tidur yang cukup. Sleep Journal Foundation yang menerbitkan penelitian pada September 2015 lalu menemukan, orang yang kurang tidur akan rentan terkena virus flu, dibanding mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.
Begitupun dengan bronkitis, ketika Anda ingin melawan infeksi, tubuh Anda sangat butuh waktu untuk mengistirahatkan seluruh sistem. Pasalnya, flu akan mudah menyerang tubuh yang tidak fit (akibat kurang tidur) dan sering menjadi gejala dari bronkitis, menurut saran dari Amy Rothenberg, dokter di American Association of Naturopathic.

2. Minum air putih yang banyak
Minum air mineral yang banyak dapat menjadi obat alami bronkitis akut. Tubuh yang terhidrasi akan membantu menipiskan lendir pada saluran bronkial. Biasanya, gejala demam juga menyertai penderita bronkitis. Nah, minum air yang banyak bisa menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh selama masa peradangan tersebut. Hindari minum minuman beralkohol dan mengandung kafein selama batuk dan demam berlangsung.

3. Makan buah nanas dan minum teh jahe
Ada beberapa tumbuhan yang baik untuk obat bronkitis alami, salah satunya buah nanas dan jahe. Kedua tanaman tersebut memiliki efek obat yang bisa menenangkan selaput lendir meradang di saluran pernapasan.
  • Buah nanas. Di dalam kandungan buah nanas terdapat kandungan bromelain. Nah, zat enzim bromelain ini, telah terbukti efektif mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah nanas juga didapuk bisa meredakan gejala batuk berdahak.
  • Jahe. Seperti yang banyak diketahui, jahe memiliki efek menenangkan di tubuh. Jahe baik untuk menenangkan saluran pernapasan yang meradang, dan bertindak sebagai ekspektoran (mengeluarkan zat asing dalam tubuh).  Dr Amy Rothenberg menyarankan untuk meminum 2 cangkir gelas air rebusan jahe hangat setiap hari sebagai obat bronkitis alami.
4. Minum campuran madu dan lemon
Madu yang telah lama dijadikan bahan racikan obat sejak zaman dahulu, nyatanya memiliki kandungan sifat antibakteri di dalamnya. Jika dikombinasikan dengan perasan lemon segar, yang mana bertindak sebagai pembasmi zat-zat asing di dalam tubuh, ia akan ampuh menjadi obat bronkitis alami.
Perlu diingat, jangan memberikan madu pada anak usia 1 hingga 3 tahun, karena akan menimbulkan gejala botulisme (keracunan) yang bisa menyebabkan kelumpuhan otot. 

5. Penguapan
Menghirup uap hangat, sangat direkomendasikan untuk mengurangi lendir dan mengi pada para pederita bronkitis. Penguapan ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah. Anda hanya memerlukan baskom, air panas, dan handuk yang lebar.
Tuang air dalam baskom, kemudian Anda juga bisa menambahkan minyak esensial, seperti minyak eukaliptus atau kayu putih. Setelah itu, lapisi kepala dan baskom Anda dengan handuk besar, sambil membungkuk menghirup uap panas dari baskom. Anda bisa mengurangi lendir pada saluran bronkial dengan melakukan kegiatan ini secara rutin.
6. Berkumur dengan air garam
Sebetulnya kumur dengan air garam tidak mengobati virus atau bukan berperan sebagai antimikroba yang mengobati virus batuk pada bronkitis. Tetapi, ia bisa digunakan untuk meredakan gejala dari bronkitis.
Para peneliti di Jepang melakukan penelitian pada 400 relawan yang sukarela berkumur dengan air putih dan dilarutkan dengan antiseptik. Hasilnya, 36% orang yang berkumur 3 kali sehari, lebih rendah gejala infeksi saluran pernapasannya, daripada yang jarang berkumur. Maka, disarankan bagi penderita infeksi saluran bronkial, untuk berkumur dengan air garam secara rutin demi mengurangi gejala infeksi.

7. Makan sup ayam hangat
Para peneliti di University of Nebraska menerbitkan hasil percobaan sup ayam mereka pada jurnal Chest edisi Oktober tahun 2000. Mereka menunjukkan, bagaimana sup ayam mendukung perlawan infeksi pada saluran pernapasan akibat efek anti inflamasi di dalamnya. Meskipun tidak dapat menyembuhkan bronkitis, setidaknya sup ayam bisa mengurangi peradangan pada saluran bronkial tubuh.




 


 

Comments

Popular posts from this blog

Obat Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat

Obat Asam Urat Alami

Obat Tradisional Malaria Mujarab