Obat Tradisional Gatal Ampuh

Obat Gatal Tradisional Paling Mujarab

 

Pada awalnya gatal-gatal bisa terjadi dikarenakan alergi, namun ada juga yang disebabkan oleh biang keringat, iritasi, peradangan maupun gigitan serangga. Beberapa penyakit serius pun mampu menimbulkan rasa gatal pada kulit sebagai gejalanya. Gangguan atau perubahan hormon juga dapat menjadi pemicu dari timbulnya gatal dan tak semua orang akan tertarik menggunakan obat gatal medis.

Jika ingin menghilangkan rasa gatal tanpa menggunakan obat gatal medis, ada sejumlah rekomendasi obat gatal tradisional sederhana dan ampuh yang bisa dicoba. Karena namanya adalah obat tradisional, maka sudah jelas lebih aman dengan risiko efek samping lebih kecil dan tak begitu berbahaya. Dibandingkan dengan obat kimia, penyembuhan oleh obat tradisional ini memang lebih lama, tapi jelas lebih aman.

1. Cuka Sari Apel

Sebagai obat alergi dingin, cuka sari apel adalah andalannya, maka Anda pasti juga bisa meredakan gatal-gatal di kulit dengan bahan yang aman satu ini. Selain berkhasiat untuk kecantikan, cuka sari apel juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan kulit. Cara pemakaiannya untuk mengobati gatal pun cukup mudah.

Ambil saja beberapa tetes cuka sari apel yang sudah Anda siapkan, lalu oles ke area kulit yang diserang gatal-gatal. Cuka sari apel ini akan menawarkan manfaat sebagai pembasmi bakteri serta kuman pemicu rasa gatal tersebut. Jadi, tak usah repot lagi dan Anda bisa menikmati kembali kulit mulus tanpa iritasi.

2. Daun Mahkota Dewa

Mahkota dewa sudah sangat terkenal dengan khasiatnya yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, namun itu adalah buahnya yang kerap dimanfaatkan. Kali ini untuk mengatasi rasa gatal, obat tradisional yang bisa Anda pakai adalah bagian daunnya. Bahkan bagian batangnya juga termasuk yang bisa Anda gunakan untuk kesehatan.

Sebagai obat gatal, Anda bisa menyiapkan beberapa lembar daun mahkota dewa, pastikan kondisi daun yang diambil masih segar. Cucilah dulu hingga bersih sebelum kemudian Anda bisa giling atau tumbuk sampai benar-benar lumat. Itulah ramuan yang dapat Anda balurkan di area kulit yang gatal; asalkan rutin, gatal pasti akan cepat hilang.

3. Es Batu

Bila es batu saja bisa dijadikan obat tradisional biduran yang mampu menyembuhkan secara cepat, maka tentunya es batu pun terbilang efektif mengatasi masalah gatal oleh penyebab apapun. Caranya cukup sederhana, Anda tingal menyiapkan sejumlah pecahan es batu yang kemudian dibungkus dengan kain atau handuk bersih.

Ujung kain atau handuk bisa Anda ikat dan kemudian kain atau handuk bisa Anda gosokkan ke bagian kulit yang gatal. Oleskan selama maksimal 20 menit dan pastikan Anda melakukan pengobatan ini sehari 3-4 kali agar hasilnya maksimal. Karena rasa dingin dari es batu itulah rasa gatal akan mereda dan cepat sembuh.

4. Daun Salam

Kalau biasanya daun salam digunakan sebagai bahan atau bumbu masak, Anda bisa menggunakannya juga sebagai obat gatal alami ampuh. Hanya dengan menyiapkan daun salam sebanyak 10 lembar yang masih segar semua, Anda kemudian dapat mencucinya hingga bersih sebelum ditumbuk hingga halus dan menjadi pasta.

Pasta daun salam yang sudah jadi bisa langsung Anda terapkan pada kulit yang terkena gatal-gatal. Bilas dengan air dingin sesudah menunggunya teresap sempurna selama 15 menit. Untuk gatal cepat mereda dan hilang, Anda perlu melakukannya secara rutin. Aturan pakai yang dianjurkan adalah sehari 2 kali setiap hari.

5. Minyak Tawon

Obat tradisional lainnya yang juga sangat bisa diandalkan ketika gatal adalah minyak tawon yang dapat Anda beli di toko-toko herbal terdekat. Tak hanya dapat menghilangkan gatal, bekas luka karena gatal pun juga dapat dipudarkan apabila menggunakannya secara rutin. Untuk menggunakannya, Anda dapat langsung mengoleskan ke bagian yang gatal dan Anda akan merasakan manfaatnya.
6. Kompres Air Dingin

Untuk mengatasi gatal secara tradisional, obat paling ampuh lainnya adalah kompresan air dingin yang juga terbilang paling sederhana. Dengan mencelupkan handuk atau kain bersih pada air es atau air dingin, Anda dapat kemudian menempelkannya ke kulit yang terkena gatal. Tempelkan selama beberapa menit; ulangi kembali beberapa waktu kemudian sampai gatal mereda.

7. Jahe

Meski ada efek samping jahe, rempah satu ini adalah rempah yang efektif digunakan sebagai obat beragam kondisi kesehatan. Selain menjadi obat bagi penderita batuk, sakit tenggorokan dan perut kembung, jahe juga sangat efektif untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Ambil 30 gram rimpang jahe yang kemudian bisa Anda cuci.

Sediakan pula 60 cc cuka beserta beras putih dan gula merah secukupnya. Rebus seluruh bahan yang sudah Anda sediakan tersebut bersama air 800 cc. Didihkan hingga air berkurang menjadi separuhnya. Angkat, lalu diamkan hingga dingin dan Anda bisa meminumnya secara rutin sehari 3 kali.

8. Minyak Goreng dan Garam

Rasa gatal yang begitu mengganggu juga dapat Anda sembuhkan dengan kombinasi antara minyak goreng serta garam. Ingat bahwa garam dan minyak goreng juga cukup sering digunakan untuk merawat kulit. Untuk menggunakannya, siapkan wadah berukuran kecil untuk tempat minyak goreng, lalu campur bersama garam kasar secukupnya.

Ketika kedua bahan telah tercampur hingga rata, Anda dapat mengoleskan larutan tersebut pada area kulit yang gatal dan beruam. Melakukan pengobatan ini secara rutin akan mempercepat penyembuhan dan akan menghilangkan gatal secara lebih sempurna. Bahkan garam dan minyak goreng ini adalah bahan sederhana yang murah dan mudah dijumpai.

9. Mentimun

Kerap dijadikan acar, mentimun yang berkandungan air tinggi ini dapat dikonsumsi sekaligus dapat digunakan sebagai masker wajah. Mentimun yang sangat berkhasiat dalam mengatasi kulit berminyak ini juga sangat efektif dalam mengobati gatal-gatal. Hanya dengan menumbuk mentimun segar secukupnya, balurkan tumbukan tersebut pada kulit yang gatal secara rutin sampai gatal hilang.

10. Minyak Kelapa dan Daun Biduri

Kedua bahan tersebut adalah obat tradisional yang dapat Anda pakai sebagai solusi gatal-gatal yang aman tanpa adanya efek samping. Sediakan beberapa lembar daun biduri, pastikan kondisinya masih segar; lalu daun bisa dicuci lebih dulu sebelum Anda panaskan menggunakan minyak kelapa.

Setelah dipanaskan, Anda bisa menunggunya menjadi lebih hangat sebelum daun Anda tempelkan di area kulit yang gatal. Lepas atau angkat daun tersebut dari kulit ketika rasa hangatnya sudah memudar. Anda bisa melakukan cara ini sehari 3 kali setiap hari sampai hasilnya terlihat dan gatal sudah memudar dengan sempurna.

11. Kulit Pisang

Gatal oleh pemicu apapun dapat Anda atasi menggunakan kulit pisang secara sederhana. Sediakan kulit pisang yang bagian dalamnya bisa Anda kerok. Hasil kerokan dari bagian dalam kulit pisang itu bisa Anda tempelkan pada bagian kulit yang gatal sambil memijatnya. Tunggulah kira-kira 10 menit sebelum dibasuh dengan air hangat. Sehari 3 kali adalah aturan pakainya agar gatal cepat hilang.

12. Lidah Buaya

Seperti yang kita tahu, khasiat lidah buaya untuk kulit sangat besar dan tak dapat diragukan lagi. Untuk mengatasi masalah kulit gatal sekalipun, gelnya dapat Anda gunakan dengan mengambil lidah buaya yang berukuran sedang. Cucilah lebih dulu batang daun lidah buaya.

Setelah itu demi memperoleh bagian lendirnya, potonglah batangnya menjadi 2 barulah lendir atau gelnya dapat Anda oles ke kulit yang gatal. Efek rasa ademnya akan begitu menenangkan dan sangat baik dalam meredakan rasa gatal mengganggu yang Anda alami. Sehari 3 kali adalah pemakaian yang dianjurkan supaya gatal cepat hilang dan kulit mulus kembali.

13. Tepung Kanji

Gatal-gatal yang terjadi disebabkan oleh adanya keringat berlebih atau biang keringat dapat Anda atasi menggunakan tepung kanji. Cara pengobatan ini telah dipercaya sejak zaman dulu dengan cara membalurkan tepung kanji secara merata ke area yang gatal. Karena keringat terserap oleh tepung kanji ini, otomatis rasa gatal pun akan berkurang.

14. Bedak Dingin

Mengalami biang keringat dan ada gatal-gatal di sekujur tubuh? Bedak dingin yang dapat dibeli di pasar tradisional adalah solusinya di mana bedak ini dapat dicampur bersama air lebih dulu. Ketika sudah mencair, Anda bisa menerapkannya ke area kulit yang terkena gatal. Tapi bedak dingin tidak diperuntukkan bagi seluruh area tubuh dan hanya bagian tubuh tertentu.

15. Lemon

Sebagai obat gatal tradisional, lemon sangat berkhasiat dikarenakan sifat antiseptik dan anti inflamasinya. Kandungan asam asetat dan sitratnyalah yang begitu menjanjikan. Anda cukup menyediakan 2 buah lemon segar yang kemudian dapat diambil ekstrak jusnya. Jus lemon itulah yang Anda usap pada area yang gatal menggunakan kapas. Tunggu mengering barulah Anda basuh memakai air hangat; melakukannya sehari 2 kali akan lebih efektif.

16. Baking Soda

Tak banyak juga yang mungkin tahu akan khasiat baking soda sebagai obat gatal ampuh. Silakan Anda mencoba menuangkan secangkir baking soda pada air mandi Anda dan berendamlah menggunakan air baking soda tersebut. Selanjutnya, keringkan tubuh dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya.

Bila ingin lebih fokus untuk gatal lokal, bentuklah adonan pasta dengan mencampurkan 3 sendok makan baking soda bersama sesendok makan air. Pasta dapat dioles ke area yang gatal selama 10 menit sebelum dibilas. 2 cara tersebut bisa dilakukan sehari 1 kali saja.

17. Daun Kemangi

Karena terkandung eugenol dalam kadar yang tinggi, ditambah juga kandungan anestesi topikal dan minyak esensial ampuh, obat ini mampu meredakan rasa gatal. Cara mengobatinya cukup mudah, Anda bisa menyediakan daun kemangi kering sebanyak 1 sendok makan yang bisa diseduh dalam 2 cangkir air panas.

Tutuplah wadah untuk menunggu proses penyeduhan selama beberapa menit. Setelah dingin, Anda bisa langsung menerapkannya ke area yang gatal. Tak usah langsung dipakai semuanya karena sisanya bisa Anda simpan untuk pengobatan berikutnya. Ulangi prosedur pengobatan ini sesuai yang dibutuhkan oleh Anda.

18. Minyak Peppermint

Berkandungan sifat antiseptik, analgesik dan anti inflamasi, minyak peppermint bisa menyembuhkan gatal-gatal pada kulit Anda. Anda bisa menambahkan minyak ini beberapa tetes ke air mandi dan menggunakannya untuk mandi. Atau, campurlah 3-4 tetes minyak ini pada sesendok makan minyak almond/zaitun/kelapa yang kemudian campuran ini bisa Anda oles ke area kulit yang gatal. Pemakaian sehari 2 kali jauh lebih baik dan dianjurkan.

19. Oatmeal

Berkandungan zat abenanthramides, oatmeal selain bisa mengatasi masalah jenis-jenis penyakit jantung juga bisa digunakan untuk meredakan gatal. Obat tradisional ini bakal mengurangi peradangan bila digunakan dengan benar. Cukup mencampurkan oatmeal secukupnya dengan air hingga membentuk pasta kental, oleskan pasta pada kulit yang teriritasi dan gatal secara rutin sampai membaik.

Tak perlu lagi khawatir ketika gatal-gatal datang mengganggu dan membuat Anda tak nyaman. Obat gatal tradisional tersebut dapat Anda pilih dan pakai di rumah tanpa takut akan efek samping berbahaya.Kaarena tanaman ini ampuh untuk mengobati penyakit gatal dan semoga bisa membantu utuk menyembuhkan gatal tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dan Gejala Serta Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Ampuh

Gejala,Penyebab, Dan Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus