Obat Tradisional Penyakit Asma Ampuh

Cara Ampuh Sembuhkan Asma dengan Tanaman Tradisional



Asma adalah penyakit yang membuat seseorang yang menderitanya menjadi susah untuk bernapas dengan lancar,batuk-batuk,dan mengalami mengi saat kambuh. Setiap orang itu mempunyai tingkat keparahan yang berbeda-beda akan penyakit ini, dan biasanya itu bisa dikendalikan dengan baik. Penyakit asma ini bisa terjadi saat saluran nafas / bronkus mengalami radang. Bronkus yang bentuknya seperti tabung kecil tersebut fungsinya untuk mengangkut udara masuk & keluar dari paru-paru. Dan umumnya bronkus pada pengidap penyakit asma itu lebih sensitif dari orang-orang lain & lebih mudah mengalami radang.

Faktor Penyebab Munculnya Serangan Asma

Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab asma dan berbeda pengidapnya :
Akibat infeksi paru-paru dan saluran napas yang biasanya di akibatkan oleh virus flu dan demam.
Alergen, seperti tungau debu, bulu binatang, dan juga serbuk sari.
Akibat iritasi udara seperti uap kimia, asap rokok serta polusi udara.
Faktor cuaca seperti cuaca panas, cuaca berangin, cuaca dingin yang didukung dengan kualitas udara yang buruk, cuaca lembab & adanya perubahan suhu yang drastis.
Akibat dari konsumsi makanan / minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang terkadang dipakai untuk mengawetkan makanan) seperti udang, selai, makanan olahan, makanan setengah matang, minuman sari buah kemasan.Olahraga, terkadang gejala asma bisa menjadi lebih buruk ketika pengidapnya berolahraga.Keadaan dalam ruangan seperti ruangan yang lembab / berjamur, bahan kimia karpet, bahan lantai dan tungau debu.

    Faktor emosi seperti stress.

Gejala yang muncul dari penyakit asma

  •     Batuk-batuk yang kerap terjadi di awal pagi hari dan malam hari.
  •     Mengalami susah untuk bernapas.
  •     Mengalami sesak di dada.
  •     Mengi.
  •     Susah tidur akibat napas pendek dan batuk.

Ada beberapa macam tanaman tradisional yang berkhasiat mampu di jadikan sebagai obat tradisional penyakit asma diantaranya :

1. Karuk
Karuk atau yang disebut juga dengan daun sirih tanah adalah tanaman liar yang banyak tumbuh pada beberapa daerah di Indonesia. Karuk ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai banyak sebutan seperti amelun une, kado-kado, cabean, dan lain sebagainya. Tanaman ini dapat dikembangkan dengan melakukan stek batang. Dan didalam dunia pengobatan, tanaman karuk ini terkenal cukup manjur dalam mengatasi beragam macam penyakit seperti asma, susah buang air kecil, panu, nyeri tulang, dan sakit perut.

Hal ini dikarenakan zat yang terkandung didalam akar, batang, daun serta buahnya. Karuk ini merupakan jenis tanaman yang diperkaya akan kandungan polifenol dan saponin, dan didalam daun dan buahnya mengandung tinggi akan kandungan flavonoid dan minyak atsiri. Dan kandungan kimia yang berada pada tanaman karuk ini memberikan efek farmakologis yang sangat baik untuk tubuh, seperti mempunyai rasa pedas & peluruh lendir (pada daun), rasa pedas peluruh seni & batu empedu (pada akar).

Namun bagian yang biasanya kerap digunakan dari tanaman ini ialah pada bagian daunnya, daun karuk ini bisa di manfaatkan sebagai bahan ramuan obat tradisional penyakit asma yang fungsinya untuk mengencerkan lendir / dahak dibagian saluran pernafasan yang kemudian di keluarkan dari dalam tubuh.
Dengan lendir yang berkurang dari saluran pernapasan ternyata bisa membuat aliran udara yang masuk kedalam tubuh menjadi lancar, sehingga bernafas pun menjadi lebih lega. Selain dari pada itu, rasa pedas yang dimiliki tanaman karuk ini juga bersifat menghangatkan sehingga bisa memberi rasa nyaman pada rongga & saluran pernapasan.

Cara membuat ramuannya cukup mudah yaitu:Ambil daun karuk segar sebanyak 3 s-d 5 lembar,Cuci bersih daun karuk,Haluskan daun karuk dengan cara menumbuknya,Kemudian daun karuk yang sudah di haluskan di seduh dengan setengah gelas air panas,Saring & dinginkan,Lalu tambahkan sedikit gula atau madu, supaya air seduhannya terasa lebih nikmat,Air rebusan daun karuk sudah siap diminum.

Dosis : minum air rebusan ini sebanyak 3x sehari.

2. Jahe
Jenis rimpang yang satu ini memang terkenal dengan khasiatnya sebagai penghangat tubuh, tetapi selain itu, rimpang yang satu ini rupanya juga mempunyai khasiat lain yang ampuh untuk membantu mengobati asma dan juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Untuk mengambil khasiat dari rimpang jahe ini, Anda dapat memadukan jahe ini dengan madu. Sebab, madu sangat cocok dan tepat untuk di padukan dengan rimpang jahe. Dikarenakan, selain mempunyai rasa yang sangat nikmat, perpaduan ini juga dapat membantu pengidap penyakit asma untuk segera sembuh secara alami dan cepat.

Saat dimana jahe ini berperan untuk menghentikan lendir di saluran dengan mengatasi peradangannya, maka madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan. Untuk memperoleh khasiat dari jahe ini cukup gampang, cukup dengan Anda menghaluskan jahe dengan ditumbuk / dengan cara di iris-iris saja, kemudian, barulah Anda masukkan hasil  tumbukkan atau irisan jahe kedalam campuran madu. Namun, bila Anda berkeinginan mengambil khasiat jahe dengan cara di iris-iris, maka Anda harus menggunakan jahe lebih banyak daripada dengan cara menumbuk jahe.

baca juga :Obat Tradisional Anemia Alami

3.Bengkuang
Bengkuang ialah salah satu jenis buah tropis yang berdaging putih tepung & bertekstur renyah, selain itu bengkuang ini juga memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan terlebih dikonsumsi ketika hari sedang panas-panasnya. Sebetulnya yang dapat di makan dari tanaman ini ialah akarnya yang membesar dengan membentuk umbi. Dan dimana pada buah jenis akar-akaran ini terdapat banyak sekali kandungan manfaat.

Bengkuang juga memiliki nama latin Pachyrhizus erosus yang dapat di jadikan sebagai cemilan sehat ketika lapar. Bengkuang amat sehat dikarenakan ia mengandung rendah kalori yakni, cuma mengandung 35 kalori per 100g. Walaupun demikian, bengkuang ini juga mengandung tinggi phytonutrien seperti serat & anti-oksidan. Sedangkan kandungan mineral yang terdapat pada bengkuang seperti magnesium, mangan, vitamin C dan B kompleks pada bengkuang ini menjadikan bengkuang sebagai buah yang amat bagus untuk di konsumsi. Selain dari pada itu, bengkuang yang diperkaya akan quercetin, betakaroten, magnesium serta antihistamin alami juga mampu mencegah produksi histamin yang menyebabkan alergi.

Sebagaimana yang telah di tegaskan oleh Budi Sutomo dan dr Gatot Ibrahim, penulis buku yang berjudul “Rahasia Jus Buah Sehat dan Sayuran” ,bahwa terapi jus bengkuang yang di padukan dengan sayuran mampu membantu menaikkan sistem imunitas tubuh untuk mereka yang mengidap penyakit asma.
Cara Membuat Ramuan Tradisional Untuk Obat Asma

Bahan-bahan yang perlu di persiapkan, antara lain :250gram bengkuang, kupas & potong-potong,100gram lobak parut, kupas & potong-potong,¼ buah cabai merah, belah dan buang bijinya,50g batang seledri,60ml air es, 2 sdm air jeruk nipis atau lemon,3 potong es batu.

Cara Membuat :Masukkan potongan bengkuang, lobak, seledri, cabe merah, air es, air jeruk nipis dan sepotong es   batu kedalam mesin blender,Giling hingga halus,Setelah halus,tuangkan jus kedalam gelas, Jus siap di minum.

4. Daun Sirsak
Daun sirsak ialah daun herbal yang mempunyai kandungan manfaat yang melimpah untuk tubuh kita, khasiat yang di miliki oleh daun sirsak ini begitu besar terutama untuk kesehatan, hal ini dikarenakan daun sirsak ini mempunyai kemampuan untuk mengobati beragam jenis penyakit yang sering di alami, salah satunya seperti penyakit asma ini. Daun sirsak ini di percayai mampu mengobati penyakit asma dikarenakan didalam daun sirsak ini terdapat kandungan vitamin, mineral, serta zat-zat lainnya yang amat penting untuk menangani gejala penyakit asma yang timbul seperti sesak napas, sesak di dada dan lain sebagainya. Sehingga proses penyembuhan penyakit asma bisa lebih optimal.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah tersiksa dengan penyakit asma yang di derita, maka saya merekomendasikan untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin. Sebab, sesak napas dan sakit di dada dsb itu adalah gejala yang kerap timbul dipicu oleh penyakit asma, sementara penyakit asma bisa terjadi di akibatkan oleh debu kotoran yang terhirup dan masuk kedalam sistem pernapasan, sehingga membuat otot saluran pernapasan menjadi berkontraksi sekuat-kuatnya untuk mengeluarkan debu tersebut, sehingga hal itu membuat volume dada menjadi lebih kecil dan muncullah gejala sesak napas. Itulah sebabnya Anda di rekomendasikan konsumsi air rebusan daun sirsak dengan rutin, dikarenakan senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak itu dapat menenteramkan otot yang mengalami kontraksi tersebut.

Cara Membuat ramuannya yaitu: Ambil sepuluh helai daun sirsak yang sudah cukup tua (yang warnanya hijau tua),Cuci bersih daun sirsak, Rebus daun sirsak dengan air sebanyak tiga gelas,Tunggu airnya mendidih dan tersisa satu gelas, Kemudian saring dan dinginkan,Air rebusan sudah siap di konsumsi.

Dosis : air rebusan diminum 2x sehari, pada pagi dan sore hari.
Efek yang akan terasa setelah Anda mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yakni, perut terasa hangat dan tubuh akan keluar banyak keringat.

Sekian tips dari kami semoga bermanfaat dan bisa untuk membantu meringankan penyakit asma anda.Sekian dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dan Gejala Serta Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Ampuh

Gejala,Penyebab, Dan Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus