Obat Tradisional Sembelit Ampuh

13 Obat Tradisional Sembelit Paling Mujarab

 

Sembelit tentunya bukanlah suatu kondisi yang menyenangkan karena itu artinya seseorang akan menjadi sulit untuk BAB alias buang air besar. Sembelit merupakan sebuah kondisi yang menjadikan seseorang tidak bisa teratur untuk BAB. Meski memang tidak ada aturan khusus harus berapa hari sekali seseorang BAB, tidak bisa setiap hari menandakan bahwa sistem pencernaan bermasalah.
Ketika sembelit terjadi terus-menerus, hati-hati karena Anda bisa saja mengalami yang namanya wasir.Untuk mengobati sembelit, Anda bisa coba mempertimbangkan penggunaan obat tradisional sembelit berikut ini agar BAB lebih lancar. Kalau BAB lancar, otomatis pencernaan juga menjadi lebih sehat. 

1.Mengkudu
Buah satu ini kita ketahui sebagai jenis buah yang banyak digunakan untuk perawatan kulit, padahal khasiatnya lebih dari itu. Buah ajaib satu ini diketahui mengandung alkaloid triterpenoid di mana di dalamnya pun ada terdapat kandungan morindon yang berfungsi sebagai pencahar. Zat tersebut berwarna merah dan akan mendukung proses BAB menjadi jauh lebih lancar.
Untuk menggunakannya, Anda bisa menyiapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak setelah dicuci dan juga Anda parut. Setelah itu, lanjutkan dengan menambahkan sedikit garam, lalu aduk-aduk rata dan peraslah menggunakan kain bersih. Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa mengonsumsinya sehari 2 kali serutin mungkin.

2.Lidah Buaya
Khasiat lidah buaya untuk kulit begitu besar dan itulah yang diketahui oleh banyak orang, padahal sebetulnya lidah buaya juga merupakan tanaman ajaib yang bisa dijadikan obat tradisional bagi penderita konstipasi. Fungsi pencahar dari lidah buaya dapat Anda manfaatkan di kala sulit BAB dan hal ini terjadi secara terus-menerus. Getah lidah buaya itulah yang paling bisa diandalkan.
Anthraquinone merupakan nama atau istilah dari kandungan pencahar yang ada di dalam lidah buaya di mana biasanya mampu menyebabkan kram usus dan diare. Meski demikian, asalkan penggunaannya benar maka akan sangat aman ketika digunakan, tapi tentunya harus ekstra hati-hati juga. Sebaiknya juga berkonsultasi lebih dulu kalau bisa dnegan naturopati.
Untuk menggunakannya, Anda bisa coba menggunakan batang lidang buaya separuh saja yang kemudian Anda cuci lebih dulu. Setelah itu, buanglah kulitnya dan cincang isinya; lanjutkan dengan menyeduh menggunakan air panas ½ cangkir. Tambahkan dengan sesendok makan madu dan selagi masih hangat bisa dikonsumsi sehari 2 kali; tapi ramuan ini tak diperuntukkan bagi penderita diare, wanita yang sedang haid dan hamil.

3.Daun Wungu
Untuk menggunakannya, Anda bisa coba menggunakan batang lidang buaya separuh saja yang kemudian Anda cuci lebih dulu. Setelah itu, buanglah kulitnya dan cincang isinya; lanjutkan dengan menyeduh menggunakan air panas ½ cangkir. Tambahkan dengan sesendok makan madu dan selagi masih hangat bisa dikonsumsi sehari 2 kali; tapi ramuan ini tak diperuntukkan bagi penderita diare, wanita yang sedang haid dan hamil.
Efek pencahar ringan pada daun wungu ada pada saponin dan untuk menggunakannya, Anda bisa menyediakan 7 lembar daun wungu yang masih segar. Setelah dicuci bersih, Anda bisa rebus menggunakan air sebanyak 2 gelas dan didihkan hingga bersisa segelas saja. Barulah setelah disaring bisa Anda minum airnya.

4.Temulawak
Biasanya, orang-orang akan memakai temulawak sebagai obat asam lambung, tapi sebenarnya ada banyak manfaat lain yang dapat ditawarkan oleh temulawak, salah satunya sebagai obat sembelit. Sebagai diuretik, tonikum, antiradang dan antisembelit, temulawak menyediakan banyak manfaat bagi tubuh dan semua kandungan baik itu bisa dijumpai pada rimpangnya.   
Anda bisa coba pakai rimpang yang masih segar ataupun yang sudah dikeringkan dan rimpang tersebut bisa Anda giling halus lebih dulu bersama biji sesawi. Anda bisa berikan sedikit air sebelum kemudian diperas dan airnya bisa dikonsumsi. Alternatifnya, iris rimpang temulawak dan kemudian tambahkan asam jawa plus gula jawa dan tambahkan air mendidih sebelum kemudian disaring dan diminum.

5.Ketepeng Cina
Ada sifat laksatif di dalam daun ketepeng cina yaitu karena adanya zat samak di dalamnya. Tak hanya zat samak, di dalam tanaman ini juga ada kandungan-kandungan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat cacing, insektidal, dan juga obat kelianan kulit. Pada daunnyalah terdapat efek farmakologi.
Dalam penggunaannya sebagai obat tradisional sembelit, Anda bisa ambil sekitar 7 lembar daun ketepeng cina yang masih dalam kondisi segar dan pastikan juga daunnya masih muda. Setelah dicuci bersih, rebus bersama 2 gelas air dan didihkan hingga akhirnya bersisa separuhnya, alias segelas. Sesudah diangkat, Anda bisa menyaringnya lebih dulu, barulah dikonsumsi.
 
6.Kejibeling
Tanaman satu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi, antara lain kalsim, asam silikat, kalium, dan natrium serta beberapa zat lainnya. Selain menjadi diuretik, tanaman ini memiliki efek pencahar sehingga memang sangat disarankan untuk mengobati orang-orang dengan masalah sembelit. Dengan penggunaan yang tepat, ramuan herbal ini tak akan berefek samping berbahaya.
Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan daun kejibeling sebanyak setengah genggaman tangan saja dan pastikan daunnya masih segar. Cucilah bersih lebih dulu daun tersebut, lalu lanjutkan dengan merebusnya bersama 2 gelas air. Didihkanlah sampai akhirnya air rebusan tinggal setengahnya atau sekitar 1 gelas; saringlah kemudian dan konsumsi secara teratur.

7.Madu
Obat tradisional untuk sembelit juga bisa dengan madu murni, yakni cukup dengan mengonsumsi 2 sendok teh madu sehari 3 kali secara rutin. Atau kalau mau, Anda bisa mencampurkan sesendok makan madu dan jus lemon ke segelas air hangat. Minumlah ramuan tersebut setiap pagi sewaktu perut masih kosong belum sarapan.

8.Minyak Kastor
Bersifat laksatif, minyak kastor juga baik untuk memperlancar BAB sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita sembelit. Minyak ini bisa Anda konsumsi sebanyak 1-2 sendok teh dalam kondisi perut kosong. Namun untuk pemakaian jangka panjang, minyak kastor ini bisa menyebabkan munculnya beberapa efek samping.

9.Lemon
Dalam mengatasi sembelit, Anda juga bisa mengandalkan buah yang mengandung vitamin C tinggi ini. Masalah konstipasi bisa diatasi dengan jus lemon karena ini akan menstimulasi sistem pencernaan sehingga apa yang terhambat di dalamnya bisa kembali lancar. Ini merupakan salah satu bahan obat tradisional paling sederhana untuk dicoba di rumah.     
Cobalah untuk mengekstrak ½ buah lemon dan tambahkan ke segelas air hangat, tambahkan sejumput garam meja dan sedikit madu bila perlu. Minumlah setiap pagi dan sebelum sarapan alias pada kondisi perut kosong. Anda juga bisa mengonsumsi setiap malam; asalkan rutin, sembelit pasti akan dapat teratasi dan tanpa efek samping berbahaya.

baca juga :obat alami asam urat

10.Bayam
Jenis sayur satu ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasi sembelit karena memang merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Konsumsilah bayam setiap hari baik mentah atau masak tergantung selera dan masukkan ke dalam diet harian Anda. Anda juga bisa membuat jus bayam sebagai variasinya supaya tak bosan.  

11.Anggur
Obat tradisional lain yang bisa digunakan adalah buah anggur di mana Anda bisa mengonsumsi semangkuk kecil buah anggur atau ½ gelas jus anggur segar setiap harinya. Anda bisa juga menambahkan anggur kering tanpa biji ke dalam susu dan kemudian merebusnya selama beberapa menit sebelum akhirnya diminum setiap malam.

12.Minyak Zaitun
Konstipasi alias sembelit juga bisa diatasi dengan minyak zaitun di mana Anda bisa mencampurkan sesendok makan minyak zaitun dengan sesendok teh jus lemon (ini opsional). Pada pagi harinya, Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan dan pastikan konsumsi dilakukan saat sebelum sarapan di mana perut masih keadaan kosong    

13.Baking Soda
Cara pengobatan tradisional lainnya yang juga mudah dan sederhana adalah dengan memanfaatkan baking soda. Meski ada bahaya baking soda, asal tak memakainya berlebihan maka akan aman-aman saja. Cukup dengan menggunakan sesendok teh baking soda, campurkanlah ke ¼ cangkir air hangat lalu bisa Anda minum.   
Semoga sejumlah rekomendasi obat tradisional sembelit ini bisa membantu Anda ketika BAB mulai sulit dan perut juga terasa begah. Obat tradisional tentunya jauh lebih aman juga ketimbang obat-obat kimia yang bisa dibeli di pasaran. 
 









 

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dan Gejala Serta Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Ampuh

Gejala,Penyebab, Dan Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus