obat tradisional untuk nyeri haid

Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional

Di dalam masa menstruasi, memang tidak jarang seorang wanita akan dihadapkan pada rasa nyeri di bagian perut. Meskipun pada kenyataannya hal semacam ini dianggap normal dan sudah biasa akan dialami oleh seorang wanita, akan tetapi memang rasa nyeri seperti ini tetap mengganggu aktivitas yang harus dilakukan selama haid. Sehingga untuk mengatasi masalah nyeri haid memang tidak jarang para kaum hawa membeli obat-obatan yang masih belum terjamin kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu jika terus menerus dibiarkan tentu saja akan menimbulkan berbagai macam efek yang buruk untuk tubuh. Bukan hanya akan menimbulkan masalah jangka pendek saja, namun juga menyisakan masalah yang cukup serius di masa yang akan datang, misalnya saja seperti berbagai macam penyakit berbahaya yang menjadi momok menakutkan bagi para wanita yaitu kanker rahim dan sejenisnya.

Ramuan untuk mengobati nyeri haid

1.Ramuan kunyit

Kandungan curcuminoid yang ada di dalam kunyit memang dipercaya cukup efektif guna membantu mengangkat sel-sel asing yang ada pada tubuh sekaligus juga sebagai detoksifikasi alami. Sifat yang demikian aktifnya bahkan menjadikan kunyit mampu menyerap habis seluruh kandungan obat-obat medis, sehingga akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsinya bersama dengan obat-obat medis jenis apapun. Akan tetapi dengan Anda mengonsumsi air rebusan kunyit, maka peluruhan di dinding andometrium akan menjadi lebih mudah serta bersih. Hal semacam ini akan membuat dinding rahim Anda tidak terlalu berkontraksi secara berlebihan sehingga menjadikan Anda tidak perlu lagi merasa nyeri ketika haid.

 2.Ramuan air asam jawa

Di dalam air rebusan asam jawa akan menemukan kandungan potassium yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan air asam jawa sangat baik untuk membantu Anda mempercepat proses peluruhan sel endometrium serta membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim. Asam jawa bahkan juga berguna untuk memberi efek astringent yang sangat baik di dalam membantu meredakan efek panas yang terjadi pada perut selama masa haid.

3. Ramuan juice berry

 

Sejumlah jenis berry seperti halnya raspberry, strawberry maupun blueberry diketahui memiliki lebih dari satu kandungan bermanfaat tinggi. Kandungan tersebut adalah vitamin C, selenium, potassium serta antioksidan yang memang sangat tinggi. Perpaduan dari bahan-bahan ini sendiri sangatlah baik untuk membantu mempercepat peluruhan sel endometrium di dinding rahim sekaligus membantu untuk meredakan ketegangan otot rahim selama masa haid.

Obat nyeri haid tradisional yaitu:

Air kelapa hijau
Air kelapa hijau sudah dijadikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti keracunan makanan hingga obat nyeri saat menjelang haid. Caranya, air kelapa hijau dicampur dengan gula kelapa. Minum 2 kali sehari selama 3 hari berturut-turut menjelang haid. Kalau ingin khasiatnya lebih bagus, buah kelapa jangan dijatuhkan, tapi dipelintir dan dibawa turun. Hal ini untuk mencegah kandungan lemak dalam daging buah kelapa pecah.

Bawang putih
Bawang putih juga dapat sebagai obat nyeri haid.
Caranya juga sangat mudah, ambil 2 siung bawang putih, kupas kulit arinya, kunyah sampai halus lalu telan. Setelah itu, minum air hangat.

Lengkuas 
Bumbu dapur lainnya yang juga bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri haid adalah lengkuas atau laja. Siapkan seibu jari lengkuas segar, setelunjuk kunyit dicuci, kupas, memarkan, 1 sendok makan penuh ketumbar, 3 tanaman meniran beserta akarnya, cuci bersih. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk digunakan 2 hari. Minum pagi dan sore @ 1/2 gelas. Yang belum terminum simpan di lemari es.

Wortel
Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya khasiat. Bukan cuma untuk kesehatan mata, tapi juga sebagai obat tradisional. Salah satunya untuk mengobati nyeri haid pada wanita. Siapkan 250 gram wortel, kemudian dicuci bersih. Potong-potong, beri sedikit air dan diblender. Minum jus wortel tersebut secara teratur 2 kai sehari. Baca juga artikel mengenai manfaat wortel untuk kesehatan.

Kencur
Selain kunyit, ternyata kencur juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi hyeri haid. Siapkan dua potong kencur sebesar ibu jari (cuci bersih lalu parut), sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan 1/2 sendok teh adas. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Saring airnya dan diminum 2kali sehari setiap pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas tiap kali minum.

Buah cengkeh
Selain dapat mengobati sakit gigi, cengkeh juga bisa kita gunakan untuk mengobati sakit perut saat haid. Siapkan 2 bunga cengkih, 7 butir ketumbar, kunyit berukuran 2 cm (dikupas, dicuci), dan 1 sendok teh rata parutan biji pala. Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring airnya dan diminum hangat-hangat.

Pacar cina  
Pacar cina biasa dimanfaatkan sebagai kutek, untuk mewarnai kuku secara alami. Pacar cina berbeda dengan pacar air, tanaman ini daunnya berwarna hijau tua dengan batang keras. Dalam dunia pengobatan, pacar cina digunakan untuk mengatasi darah haid yang terlalu banyak. Segenggam daun pacar cina segar dicuci bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring, minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
 

Comments

Popular posts from this blog

Obat Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat

Obat Asam Urat Alami

Obat Tradisional Malaria Mujarab