obat batuk tradisional

Obat Tradisional Untuk Mengatasi Batuk


Berikut adalah 5 resep obat tradisional:
  • Satu sendok makan madu

Madu bekerja lebih efektif melenyapkan batuk lebih dari obat yang di jual bebas di pasaran.Madu dapat menenangkan iritasi pada tenggorokan.Enzim yang di hasilkan lebah ketika mereka memanen madu juga bersifat antibakteri dan mampu mempersingkat masa sakit batuk anda.
Sebagai obat batuk madu lebih bagus untuk anak dan dewasa.Tapi tidak di sarankan memberi madu pada anak di usia di bawah  2 tahun. Madu di ketahui berpotensi mengandung spora suatu bakteria yaitu clostridium botulinum.Bakteri ini memproduksi suatu toksin yang bisa menyebabkan botulisme pada bayi.Penyakit ini sangat serius,meski kejadiannya jarang dan bisa menyebabkan kematian.
Spora bakteri di atas dapat menyebabkan kelumpuhan otot,bayi diare atau susah BAB,terus menangis lesu dan tidak mampu menyusu.
Untuk orang dewasa,minum satu sendok makan madu sebanyak satu sampai tiga kali sehari,untuk anak-anak,sesuaikan dosisnya atau cukup satu sendok teh saja.
  • Teh akar tanaman licorice


Akar licorice memiliki ekspektoran dan penawar rasa rakit,sekaligus menipiskan mukosa yang memberatkan pernapasan.Licorice juga mampu menghambat enzim 11 beta-hidroksisteroid dehidrogenase.Obat batuk dari licorice tidak di anjurkan untuk mereka yang mempunyai masalah ginjal.Rebus dua sendok makan kering akar licorice bersama dengan delapan ons air selama 5-10 menit lalu bagi dua untuk di minum pagi dan sore atau malam hari.
  • Berkumur dengan air garam


Air garam dapat meringankan ketidaknyamanan yang di sebabkan oleh batuk.Ketika konsentrasi garam di luar sel lebih tinggi dari konsentrasi di dalam selaput lendir ,air akan mengalir keluar dari sel untuk menyeimbangkan semuanya.
Ketika air meninggalkan sel,pembengkakan dan rasa tidak nyaman akan berkurang.Air garam akan membantu mengeluarkan dahak yang membandel.
Masukan satu sendok teh air garam ke dalam secangkir air hangat lalu gunakan untuk berkumur selama 15 detik.Setelah itu,bilas dengan air biasa.
  • Rimpang jahe

Jahe,baik jahe biasa maupun jahe merah,telah lama di kenal sebagai obat pereda gejala batuk dan flu.
Kupas satu atau dua ruas jahe lalu di rebus bersama segelas air sampai mendidih,dinginkan sebentar lalu minum sampai habis.Lakukan ini dua kali sehari pada pagi dan sore atau malam hari.
  • Lada dan madu

Saat hidung anda kemasukan serbuk lada,anda akan bersin-bersin.Ini hal yang bagus karena bersin berarti mengeluarkan kotoran yang ada di saluran pernapasan anda.
Madu bersifat anti bakteri dan mengurangi iritasi pada saluran napas.Kombinasi lada dan madu,di percaya ampuh di gunakan untuk meredakan batuk sekaligus membersihkan jalan napas.
Masukkan satu sendok teh bubuk lada (sebaiknya lada hitam) dan satu sendok makan madu murni ke dalam segelas air mendidih.Aduk,dinginkan selama 10 menit lalu minum sampai habis.
Minum ramuan ini satu atau dua kali sehari,sampai batuk anda mereda dan pernapasan anda terasa lebih lega.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Dan Gejala Serta Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Ampuh

Gejala,Penyebab, Dan Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus